19 January 2009

MENGHORMATI PANGGILAN ADZAN

"Hendaklah kamu mendiamkan diri ketika azan, jika tidak Allah akan kelukan lidahnya ketika maut menghampirinya."

Sayyidah Fathimah Az-Zahra as. pernah bertanya kepada ayahnya Rasulullah SAW, ”Wahai ayah, apa akibatnya bagi orang yang menggampangkan shalat baik laki-laki dan perempuan?” Rasulullah SAW berkata,”Wahai Fathimah, barang siapa yang menggampangkan shalat baik laki-laki maupun perempuan, maka Allah SWT akan memberikan cobaan kepadanya dengan 15 perkara:
  • 6 Perkara yang menimpa di dunia: 1. Allah SWT mengangkat keberkahan dari umurnya; 2. Allah SWT mengangkat keberkahan dari rezekinya; 3. Allah SWT menghapus tanda-tanda orang saleh dari wajahnya; 4. Semua amalan perbuatannya tidak akan diganjar; 5. Tidak akan naik doanya ke langit; 6. Dia tidak akan mendapat bagian di dalam doanya orang-orang saleh.
  • 3 perkara yang menimpa ketika meninggal: 1. Mati dalam keadaan hina; 2. Mati dalam keadaan lapar; 3. Mati dalam keadaan haus, walaupun dituangkan kepadanya air sungai yang ada di seluruh dunia ini tidak akan menghilangkan rasa hausnya.
  • 3 perkara yang menimpa di dalam kubur: 1. Allah SWT akan mewakilkan malaikat-Nya untuk menakut-nakuti dalam kuburnya; 2. Akan sempit baginya kuburannya; 3. Akan menjadi gelap kuburannya.
  • 3 Perkara di hari kiamat, ketika keluar dari kubur: Allah SWT akan mewakilkan malaikat-Nya untuk menyeret mukanya dan makhluk Allah SWT yang lain melihatnya; 2. Allah SWT menghisabnya dengan hisab yang berat; 3. Allah SWT tidak akan melihat kepadanya dan tidak akan menyucikannya, dan baginya siksa yang pedih.
Wallahu a'lam bish-shawab.

1 comment:

  1. Anonymous11:19 PM

    Ya Allah ampuni kelalaian kami atas panggilanMu

    ReplyDelete